• Sun. Jul 21st, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Jenis Biji Kopi yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Usaha

ByDigital

Jan 8, 2024
Jenis Biji Kopi yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Usaha

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman ini berasal dari biji kopi yang diolah dengan berbagai cara. Proses pengolahan kopi yang berbeda akan menghasilkan jenis biji kopi yang berbeda pula.

Secara umum, biji kopi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu biji kopi Arabika dan biji kopi Robusta. Biji kopi Arabika memiliki rasa yang lebih asam dan kompleks, sedangkan biji kopi Robusta memiliki rasa yang lebih pahit dan kuat.

 

Jenis Biji Kopi Arabika

Biji kopi Arabika merupakan jenis biji kopi yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Biji kopi ini memiliki rasa yang cenderung asam dan kompleks, dilengkapi dengan aroma yang khas. Biji kopi Arabika juga memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada biji kopi Robusta.

Berikut adalah beberapa jenis biji kopi Arabika yang populer:

1. Catimor merupakan jenis biji kopi Arabika yang berasal dari Timor Timur. Biji kopi ini memiliki rasa yang asam dan manis, dengan aroma yang fruity.
2. Bourbon merupakan jenis biji kopi Arabika yang berasal dari Prancis. Biji kopi ini memiliki rasa yang asam dan kompleks, dengan aroma yang bunga.
3. Typica merupakan jenis biji kopi Arabika yang berasal dari Ethiopia. Biji kopi ini memiliki rasa yang asam dan manis, dengan aroma yang fruity.

Jenis Biji Kopi Robusta

Biji kopi Robusta merupakan jenis biji kopi yang kandungan kafeinnya yang lebih tinggi daripada biji kopi Arabika. Biji kopi ini memiliki rasa yang pahit dan kuat, dengan aroma yang lebih sedikit daripada biji kopi Arabika.

Berikut adalah beberapa jenis biji kopi Robusta yang populer:

1. Robusta merupakan jenis biji kopi Robusta yang paling umum dibudidayakan. Biji kopi ini memiliki rasa yang pahit dan kuat, dengan aroma yang sedikit.
2. Conilon merupakan jenis biji kopi Robusta yang berasal dari Brasil. Biji kopi ini memiliki rasa yang pahit dan kuat, dengan aroma yang sedikit.
3. Liberica merupakan jenis biji kopi Robusta yang berasal dari Liberia. Biji kopi ini memiliki rasa yang pahit dan kuat, dengan aroma yang sedikit.

Mesin Pengupas Biji Kopi Kering

Mesin pengupas biji kopi kering merupakan mesin yang digunakan untuk mengupas kulit luar dan kulit daging ceri kopi yang telah kering. Mesin ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu drum pengupas dan blower.

Drum pengupas berfungsi untuk menggiling kulit luar dan kulit daging ceri kopi. Blower berfungsi untuk meniup biji kopi yang telah dikupas keluar dari drum.

Mesin pengupas biji kopi kering memiliki kapasitas yang berbeda-beda, tergantung pada ukuran mesin. Mesin pengupas biji kopi kering dengan kapasitas kecil dapat mengupas hingga 5 kg biji kopi kering per menit. Sedangkan mesin pengupas biji kopi kering dengan kapasitas besar dapat mengupas hingga 100 kg biji kopi kering per menit.

Peran Mesin Pengupas Biji Kopi Kering

Mesin pengupas biji kopi kering memiliki peran penting dalam proses pengolahan kopi. Mesin ini dapat membantu petani kopi untuk mengupas biji kopi kering dengan cepat dan efisien.

Proses pengupasan biji kopi kering secara manual membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang banyak. Dengan menggunakan mesin pengupas biji kopi kering, proses pengupasan biji kopi kering dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Selain itu, mesin pengupas biji kopi kering juga dapat membantu untuk menjaga kualitas biji kopi. Proses pengupasan biji kopi kering secara manual dapat menyebabkan kerusakan pada biji kopi. Dengan menggunakan mesin pengupas biji kopi kering, kerusakan pada biji kopi dapat diminimalkan.

By Digital