• Fri. May 24th, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Langkah-langkah Terbaik untuk Memasukkan Jurnal ke Basis Data Scopus

ByDigital

Oct 6, 2023

Mengutip dari ridwaninstitute.co.id untuk langkah-langkah memasukan jurnal ke database scopus ini memiliki banyak tahap yang harus diselesaikan. Penasaran seperti apa pembahasannya, Yuk simak dibawah ini!

Basis Data Scopus adalah salah satu sumber informasi penting dalam dunia akademik. Memasukkan jurnal ke dalam basis data ini merupakan langkah penting dalam peningkatan eksposur penelitian. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memasukkan jurnal ke Basis Data Scopus.

 

Langkah 1: Persiapan Awal

Sebelum memulai proses pemasukan jurnal, ada beberapa persiapan awal yang perlu Anda lakukan:

  • Penilaian Kualitas Jurnal: Sebelum memasukkan jurnal, pastikan bahwa jurnal Anda memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan oleh Scopus. Hal ini termasuk kriteria seperti peer-review, ketersediaan dalam bahasa Inggris, dan lainnya.
  • Persiapan Metadata: Pastikan semua metadata jurnal, termasuk judul, abstrak, penulis, dan kata kunci, sudah diperbarui dengan benar.

Langkah 2: Pendaftaran di Scopus

  1. Buat Akun Scopus: Anda perlu memiliki akun Scopus sebelum bisa memasukkan jurnal. Buat akun atau masuk dengan akun yang sudah ada.
  2. Pilih Menu "Submit Your Paper": Setelah masuk, temukan menu "Submit Your Paper" atau yang serupa di dashboard akun Anda.
  3. Isi Formulir Pemasukan: Isi formulir pemasukan dengan informasi jurnal yang dibutuhkan, termasuk metadata, abstrak, dan informasi terkait.

Langkah 3: Proses Review

  1. Peninjauan Awal: Scopus akan melakukan peninjauan awal untuk memastikan jurnal Anda memenuhi syarat. Proses ini dapat memakan waktu beberapa minggu.
  2. Peninjauan Eksternal: Setelah peninjauan awal, jurnal Anda akan dikirimkan ke peninjau eksternal untuk proses peer-review.
  3. Keputusan Akhir: Setelah proses peninjauan, Anda akan diberi tahu apakah jurnal Anda diterima atau ditolak oleh Basis Data Scopus.

Langkah 4: Pembayaran

Jika jurnal Anda diterima, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran yang diperlukan oleh Scopus untuk memasukkan jurnal Anda ke dalam basis data mereka.

FAQ

Apa saja persyaratan minimum untuk memasukkan jurnal ke Basis Data Scopus?
Untuk memasukkan jurnal ke Basis Data Scopus, jurnal tersebut harus memenuhi persyaratan kualitas, seperti proses peer-review, ketersediaan dalam bahasa Inggris, dan lain-lain.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pemasukan jurnal?
Waktu yang dibutuhkan untuk proses pemasukan jurnal ke Basis Data Scopus dapat bervariasi, mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada berbagai faktor.

Apakah semua jurnal dapat diterima oleh Basis Data Scopus?
Tidak, tidak semua jurnal dapat diterima oleh Basis Data Scopus. Jurnal harus memenuhi kriteria tertentu untuk diterima.

 

Kesimpulan

Memasukkan jurnal ke Basis Data Scopus adalah langkah penting dalam peningkatan eksposur penelitian Anda. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda dapat meningkatkan peluang jurnal Anda untuk diterima dan diakses oleh komunitas ilmiah global.

Dengan kata-kata sederhana, memasukkan jurnal ke Basis Data Scopus adalah proses yang membutuhkan persiapan, kesabaran, dan kualitas. Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan jurnal Anda setelah dimasukkan ke dalam basis data ini.

By Digital