• Thu. Feb 29th, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Membuat Pilihan Nutrisi yang Bijaksana: Mengenal Beras dengan Kadar Gula Rendah

ByDigital

Nov 7, 2023

Beras adalah biji-bijian yang dihasilkan dari tanaman padi (Oryza sativa) dan merupakan salah satu makanan pokok yang penting di banyak negara, terutama di Asia. Beras adalah salah satu sumber utama karbohidrat dalam makanan manusia. Padi adalah tanaman semusim yang ditanam di sawah atau ladang dengan air yang menggenang. Varietas padi yang berbeda dapat menghasilkan beras dengan karakteristik yang beragam, termasuk ukuran, warna, tekstur, dan rasa.

Budidaya padi dan produksi beras memiliki sejarah panjang yang bermula ribuan tahun yang lalu, terutama di Asia. Tanaman padi pertama kali dibudidayakan di wilayah Asia Timur, dan sejak itu telah menjadi komoditas penting di seluruh dunia. Beras memiliki peran sosial dan budaya yang kuat di banyak masyarakat. Ini mencakup ritual, tradisi, dan perayaan yang terkait dengan panen padi dan konsumsi beras. Beras sering menjadi simbol penting dalam budaya dan agama.

Beras adalah sumber utama energi dalam makanan dan mengandung karbohidrat utama dalam bentuk amilum. Selain itu, beras juga mengandung beberapa mineral, seperti besi, magnesium, dan vitamin B kompleks. Namun, kandungan gizi beras dapat berbeda tergantung pada varietas dan cara pengolahannya. Beras memiliki peran kunci dalam menyediakan energi dan gizi kepada miliaran orang di seluruh dunia, terutama di Asia. Ini adalah sumber karbohidrat yang murah dan mudah diakses, yang menjadikannya komponen utama diet bagi banyak orang. 

Pentingnya kadar gula rendah dalam beras berkaitan dengan dampaknya pada kesehatan, manfaat bagi penderita diabetes, dan peran beras dalam menjaga keseimbangan gula darah. Bagi anda yang perlu membatasi asupan karbohidrat, beras dengan kadar gula rendah dapat menjadi pilihan yang baik. Ini memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar tanpa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

beras dengan kadar gula rendah

Jenis-jenis varietas Beras dengan Kadar Gula Rendah

Berbagai jenis varietas beras dengan kadar gula rendah telah dikembangkan melalui penelitian dan pemuliaan tanaman. Setiap varietas memiliki karakteristik unik yang membuatnya cocok untuk berbagai kondisi pertanian dan preferensi konsumen. Jenis-jenis varietas beras dengan kadar gula rendah dapat menjadi alternatif bagi penderita diabetes. Beras dengan kadar gula rendah memiliki indeks glikemik rendah, yaitu angka yang menunjukkan seberapa cepat gula darah meningkat setelah mengonsumsi suatu makanan. Semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, maka semakin lambat gula darah meningkat.

Berikut adalah beberapa jenis varietas beras dengan kadar gula rendah:

  • Beras Basmati
    Beras Basmati adalah varietas beras aromatik yang tumbuh terutama di India dan Pakistan. Basmati memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mempengaruhi gula darah lebih sedikit dibandingkan dengan varietas beras lainnya. Rasanya lezat dan teksturnya longgar, membuatnya populer di berbagai hidangan.
  • Beras merah
    Beras merah adalah varietas beras yang belum mengalami proses penggilingan. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55-60.
  • Beras hitam
    Beras hitam adalah varietas beras yang memiliki kulit ari berwarna hitam. Beras hitam memiliki kandungan anthocyanin yang tinggi, yaitu antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Beras hitam memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 50.
  • Beras cokelat
    Beras cokelat adalah varietas beras yang mengalami proses penggilingan sebagian. Beras cokelat memiliki kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 60-65.
  • Beras organik putih
    Beberapa produsen beras khusus telah mengembangkan jenis beras dengan label “kadar gula rendah” untuk menurunkan indeks glikemik. Beras dinyatakan memiliki indeks glikemik rendah jika angkanya kurang dari 55. Namun, ada pula beras yang memiliki indeks glikemik kurang dari 55.

 

Kesimpulan

Beras dengan kadar gula rendah adalah varietas beras yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga mempengaruhi kadar gula darah lebih sedikit dibandingkan dengan varietas beras konvensional. Konsumsi beras dengan kadar gula rendah dapat membantu dalam menjaga kontrol gula darah, mencegah hiperglikemia, dan mengurangi risiko penyakit terkait diabetes.

Selain itu, beras dengan kadar gula rendah juga dapat membantu dalam mengontrol berat badan dan mendukung kesehatan umum. Anda bisa mendapatkan beras dengan kadar gula rendah pada produk Beras Organik Eka Farm Amandia. Amandia adalah beras yang memiliki kadar gula darah yang rendah.

Tekstur beras Amandia juga tidak pera namun pulen. Anda akan merasakan enaknya makan beras tanpa khawatir lonjakan gula dalam darah anda. Klik tautan ini untuk informasi dan pemesanannya.

By Digital