• Tue. Sep 26th, 2023

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Cara Membuat Hunkwe Santan: Nikmatnya Makanan Manis dari Bahan Sederhana

ByDigital

Aug 3, 2023

Hunkwe santan merupakan makanan penutup yang lezat dan menyegarkan, terkenal di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara. Hunkwe adalah sejenis tepung ketan putih yang digunakan sebagai bahan dasar, sedangkan santan adalah olahan dari parutan kelapa yang menjadi saus untuk hunkwe. Kombinasi antara hunkwe dan santan menghasilkan makanan manis yang kenyal dan nikmat.

Di artikel ini, kami akan mengajarkan cara membuat hunkwe santan dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

 

Cara Membuat Hunkwe Santan

Berikut adalah resep dan petunjuk untuk menciptakan hidangan penutup yang menggugah selera ini di dapur Anda sendiri.

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung hunkwe (ketan putih)
  • 750 ml air
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula pasir (sesuai selera)
  • Sejumput garam
  • Secuil pasta pandan (opsional, untuk memberi warna dan aroma)

Langkah-langkah Pembuatan

1.Siapkan Bahan dan Alat

Pastikan semua bahan sudah tersedia di meja dapur.Siapkan panci dengan ukuran sedang untuk merebus hunkwe. Gunakan saringan atau sumpit kayu untuk mencampur tepung hunkwe dengan air.

2.Mencampur Tepung Hunkwe

Campurkan tepung hunkwe dengan sekitar 250 ml air dalam wadah terpisah. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Tambahkan pasta pandan (jika digunakan) untuk memberi warna dan aroma pada hunkwe.

3.Merebus Hunkwe

Panaskan panci dengan api sedang. Tuangkan 500 ml air ke dalam panci dan tambahkan gula pasir serta sejumput garam. Aduk hingga gula larut. Setelah gula larut, tambahkan campuran tepung hunkwe ke dalam panci sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Teruskan memasak dengan api sedang hingga campuran mengental seperti bubur. Pastikan terus diaduk agar tidak ada bagian yang gosong.

4.Menyajikan Hunkwe Santan

Siapkan piring saji atau mangkuk kecil untuk menyajikan hunkwe. Ambil satu sendok sayur hunkwe dari panci dan tuangkan ke dalam piring saji atau mangkuk kecil. Siram hunkwe dengan santan kental secukupnya sesuai selera. Hunkwe santan siap dinikmati sebagai hidangan penutup yang lezat dan menyegarkan.

 

Tips Tambahan

Konsistensi Hunkwe yang Tepat

Untuk mendapatkan konsistensi yang tepat pada hunkwe, pastikan untuk menggunakan tepung hunkwe yang berkualitas baik dan aduk dengan cepat dan kencang saat mencampur tepung dengan air.

Jangan biarkan campuran terlalu lama sebelum dimasak, karena bisa membuat hunkwe menjadi menggumpal dan tidak kenyal.

Perhatikan Proses Pencampuran

Saat mencampur tepung hunkwe dengan air, pastikan untuk menyaring atau menggunakan sumpit kayu agar tidak ada gumpalan tepung yang tersisa. Gumpalan akan mengganggu tekstur dan kelezatan hunkwe.

Variasi Rasa dan Warna

Selain menggunakan pasta pandan atau ekstrak vanilla, Anda juga dapat bereksperimen dengan bahan-bahan lain untuk memberikan variasi rasa pada hunkwe. Misalnya, gunakan ekstrak pandan untuk warna hijau alami atau bubuk cokelat untuk warna cokelat muda. Dengan begitu, hunkwe santan akan lebih menarik dan menggugah selera.

Penyajian Dingin atau Hangat

Hunkwe santan dapat disajikan dalam keadaan dingin atau hangat, tergantung selera. Jika Anda menyukai hidangan penutup yang menyegarkan, simpan hunkwe di dalam lemari es sebelum disajikan. Namun, jika Anda ingin menikmati hunkwe yang lebih hangat, hidangkan setelah selesai dimasak.

Tambahan Buah Segar

Untuk memberikan sentuhan segar dan lebih menarik pada hidangan, Anda dapat menambahkan potongan buah segar seperti potongan nangka, kelapa muda, alpukat, atau kelapa parut. Buah-buahan ini akan memberikan cita rasa dan tekstur yang berbeda pada hidangan hunkwe santan.

Simpan Sisa Hunkwe dengan Benar

Jika ada sisa hunkwe santan, simpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Pastikan hunkwe benar-benar dingin sebelum disimpan agar tidak terjadi kondensasi yang bisa membuatnya lembab dan berubah tekstur.

 

Hunkwe santan adalah makanan penutup yang nikmat dan mudah dibuat di rumah. Dengan tepung hunkwe sebagai bahan dasar dan santan sebagai sausnya, hidangan ini menyuguhkan kelezatan yang cocok untuk mengakhiri hidangan makan malam atau acara istimewa.

Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat menciptakan hunkwe santan dengan mudah dan menyajikannya sebagai hidangan istimewa untuk keluarga dan teman-teman.

Cek Rumahmesin, mereka menyediakan Mesin Pemeras santan yang akan membantu anda dalam mengolah hunkwe santan.

Selamat mencoba!