• Mon. Jun 24th, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Font Terbaik untuk Buku Sesuai Genre

ByDigital

Jul 21, 2023

Dalam memilih font tulisan sebelum cetak buku, maka salah satu pertimbangannya adalah dengan memperhatikan apa genre dari buku tersebut. Pasalnya dalam beberapa penulis sudah menjadikannya sebagai patokan, misalnya saja Arial untuk novel dan Candara pada karya puisi. 

Font Terbaik untuk Buku Sesuai Genre

3 Font Terbaik untuk Buku Sesuai Genre

Dalam memilih font untuk buku, Anda memang harus memperhatikan apa isi di dalam naskah tersebut. Hal ini dikarenakan penulisan novel tidak sama dengan puisi, cerpen dan biografi. Dengan begitu, membuat kebanyakan penulis akhirnya sudah memiliki patokan sendiri.

Candara

Apabila Anda hendak menulis sebuah karya puisi, maka cobalah untuk menggunakan font Candara. Font ini mempunyai sentuhan lekuk yang tidak begitu tegas namun memiliki keseriusan dan suasana non formal. Hal-hal detail seperti ini penting Anda ketahui sebelum cetak buku.

Font Candara dianggap memiliki bentuk vertikal untuk menunjukkan keanggunan di batang hurufnya. Selain itu teksturnya terasa hidup namun tidak mengganggu pembaca dalam membaca karya tulis secara keseluruhan sehingga tetap ramah dan mudah dibaca.

Baskerville

Baskerville merupakan opsi font yang terbaik untuk buku khususnya pada genre cerpen, naskah drama, prosa sastra dan karya lainnya dengan unsur serius di dalamnya. Fitur utama dari Baskerville adalah memiliki huruf besar E dimana bagian lengan bawahnya menonjol lebih dari sisi atasnya.

Huruf paling khas dari Baskerville adalah huruf miringnya. Anda bisa melihat huruf J mempunyai bilah tengah namun banyak huruf diantaranya yang tumbuh ke samping. Ada sebagian besar bentuk unik dari font ini sehingga menarik bagi pembaca tanpa terasa berlebihan.

Caslon Pro

Caslon telah dirancang oleh desainer William Caslon di abad ke-18 tepatnya di Inggris. Merupakan font huruf teks yang paling populer dari abad ke 18 sampai 19. Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan lama dari suatu teks, maka bisa menggunakan font ini.

Caslon mempunyai ketidakteraturan yang tampak menarik sekaligus menciptakan tekstur khas dari sebuah halaman. Ada banyak orang mengenali font Caslon ini di dalam buku teks dengan kandungan serius dan fakta di dalamnya.

 

Tiga font di atas bisa Anda pilih dengan menyesuaikan jenis karya yang sedang diproduksi. Pengetahuan seperti ini menjadi hal basic wajib diketahui oleh penulis sebelum mereka benar-benar ada di tahap cetak buku.

By Digital