• Fri. May 24th, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Memilih Layout Kantor yang Tepat untuk Kebutuhan Bisnis Anda

ByDigital

Oct 26, 2023

Layout kantor adalah pengaturan ruang kerja dan perabot kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kerja yang tersedia. Layout kantor sangat berpengaruh terhadap produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan para pekerja. Oleh karena itu, memilih layout kantor yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda adalah hal yang penting dan harus dipertimbangkan dengan baik.

sewa kantor jakarta

Ada beberapa jenis layout kantor yang umum digunakan, antara lain:

  • Layout kantor terbuka (open office). Layout ini tidak menggunakan sekat atau partisi antar ruang, melainkan menggabungkan berbagai fungsi dalam satu area yang luas. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi komunikasi, interaksi, dan mobilitas pekerja. Layout ini cocok untuk perusahaan yang memiliki budaya kerja kolaboratif, dinamis, dan inovatif.
  • Layout kantor tertutup (closed office). Layout ini menggunakan sekat atau partisi antar ruang, sehingga setiap pekerja memiliki ruang kerja pribadi yang terpisah. Tujuannya adalah untuk menjaga privasi, konsentrasi, dan keamanan pekerja. Layout ini cocok untuk perusahaan yang memiliki budaya kerja formal, individual, dan rahasia.
  • Layout kantor berpanorama (landscape office). Layout ini menggunakan desain interior yang menarik dan unik, dengan menambahkan elemen-elemen seperti tanaman, cahaya alami, atau karya seni. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, menyenangkan, dan inspiratif. Layout ini cocok untuk perusahaan yang memiliki budaya kerja kreatif, fleksibel, dan humanis.
  • Layout kantor hibrida (hybrid office). Layout ini merupakan kombinasi dari layout kantor terbuka dan tertutup, dengan menyediakan ruang kerja bersama dan ruang kerja pribadi. Tujuannya adalah untuk memberikan fleksibilitas dan variasi bagi pekerja untuk memilih tempat kerja sesuai dengan kebutuhan dan mood mereka. Layout ini cocok untuk perusahaan yang memiliki budaya kerja adaptif, diversif, dan inklusif.

Untuk lebih jelas nya dalam memilih layout kantor yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Tentukan visi, misi, tujuan, dan budaya perusahaan Anda. Anda harus mengetahui apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda ingin bekerja sebagai perusahaan. Hal ini akan membantu Anda menentukan jenis layout kantor yang sesuai dengan karakteristik perusahaan Anda.
  • Tentukan jumlah, jenis, dan aktivitas pekerja Anda. Anda harus mengetahui berapa banyak pekerja yang Anda miliki, apa saja tugas dan tanggung jawab mereka, dan bagaimana cara mereka bekerja. Hal ini akan membantu Anda menentukan ukuran, fasilitas, dan desain ruang kerja yang dibutuhkan oleh pekerja Anda.
  • Tentukan anggaran yang Anda miliki untuk membuat layout kantor. Anda harus mengetahui berapa banyak biaya yang bisa Anda alokasikan untuk membuat layout kantor. Hal ini akan membantu Anda menentukan material, furniture, dekorasi, dan instalasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat layout kantor.
  • Cari informasi dan inspirasi tentang layout kantor dari berbagai sumber. Anda bisa menggunakan internet, media sosial, iklan, referensi dari teman atau kolega, atau ahli desain interior profesional. Anda bisa mencari informasi dan inspirasi tentang harga, fasilitas, lokasi, ukuran, desain, dan syarat sewa atau pembelian layout kantor dari berbagai penyedia jasa.
  • Buat sketsa atau rancangan layout kantor sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti pensil, kertas, penggaris, atau software komputer. Anda bisa membuat sketsa atau rancangan layout kantor dengan memperhatikan aspek-aspek seperti luas lantai, jumlah ruang, fungsi ruang, aliran pekerja, pencahayaan, ventilasi, dan estetika.
  • Evaluasi dan revisi layout kantor yang Anda buat. Anda harus mengevaluasi apakah layout kantor yang Anda buat sudah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda juga harus meminta masukan dan saran dari pekerja, pemilik atau pengelola ruang kantor, atau ahli desain interior profesional. Jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau disesuaikan, Anda harus merevisi layout kantor yang Anda buat.

By Digital