• Mon. Jul 22nd, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Pantai Broken Beach Bali, Keajaiban Alam Tersembunyi di Nusa Penida

ByDigital

Mar 20, 2024
Pantai Broken Beach Bali, Keajaiban Alam Tersembunyi di Nusa Penida

Kunjungan ke Nusa Penida belum sempurna tanpa menyambangi Pantai Broken Beach atau Pasih Uug dalam bahasa Bali. Pantai ini terkenal dengan formasi batu karangnya yang unik, menciptakan ilusi seperti ada batu yang roboh membentuk cincin di permukaan laut.

Pantai Broken Beach memamerkan keindahan alam yang tidak konvensional. Justru keunikan inilah yang menambah pesona pantai tersebut.

Lanskap pantai ini benar-benar mempesona, dari air laut berwarna biru yang dikelilingi oleh formasi batu karang, hingga adanya formasi karang yang menciptakan siluet mirip terowongan di atas permukaan laut.

Dilihat dari ketinggian, pantai ini menampilkan sebuah formasi menyerupai teluk kecil yang dikelilingi oleh laut dan batu, menciptakan pemandangan yang mirip dengan sebuah laguna.

Selama musim hujan, area sekitar tebing menjadi sangat subur, ditumbuhi rumput hijau yang menambah keelokan pemandangan Pantai Broken Bali.

Alamat Pantai Broken Beach

Pantai Broken Beach berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Lokasinya strategis, dekat dengan destinasi terkenal di Nusa Penida seperti Pantai Kelingking, Angel's Billabong, Crystal Bay, dan Manta Bay.

Akses ke Pantai Broken Beach

Untuk mencapai Pantai Broken Beach, pengunjung bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bermotor dari Crystal Bay, dengan kondisi jalan yang relatif baik. Namun, perlu diingat bahwa 100 meter terakhir menuju pantai cukup menantang dan kurang aman untuk kendaraan.

Bagi yang memilih berjalan kaki, bisa mengambil rute trekking dari Crystal Bay, yang memerlukan waktu sekitar dua jam.

Mulailah dari sisi kiri Crystal Bay, lanjutkan ke tangga yang menanjak ke bukit, dan turun menuju Pantai Pandan. Dari sini, jalur menjadi kurang jelas dan memerlukan pendakian lagi ke lembah berikutnya.

Sementara itu, untuk yang menggunakan kendaraan, rute dari Toyapakeh adalah pilihan. Setelah melewati desa Sakti, belok kiri (kanan menuju Crystal Bay), ambil belokan pertama ke kanan dan ikuti petunjuk arah hingga tiba di Pantai Broken Beach.

Saran Saat Mengunjungi Pantai Broken Beach

Ketika mengunjungi Pantai Broken Beach, penting untuk selalu waspada, terutama di area tebing yang tinggi dan berpotensi berbahaya.

Ada insiden dimana pengunjung terjatuh saat mencoba berselfie di tepi tebing karena tidak berhati-hati, seperti kasus seorang turis dari India yang terpeleset dan turis lokal dari Tomohon yang mengalami kecelakaan serupa namun berhasil diselamatkan.

Biaya Kunjungan ke Pantai Broken Beach

Akses ke Pantai Broken Beach sendiri tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis. Akan tetapi, ada biaya parkir yang dikenakan untuk pengunjung, yaitu Rp 5.000 untuk setiap motor.

Meski jalur menuju Pantai Broken Beach bisa menjadi tantangan, keindahan yang ditawarkan lokasi ini sangatlah memuaskan dan layak untuk ditambahkan ke dalam daftar destinasi wisata Anda.

Sama seperti Pantai Tanjung Benoa, Pantai Broken Beach di Bali, dengan keunikan bentang alamnya yang mempesona, menawarkan sebuah pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Formasi batu karang yang menciptakan 'lingkaran' di tengah laut, dipadu dengan panorama laut biru dan hijaunya vegetasi sekitar, memberikan pemandangan yang begitu istimewa.

Meskipun perjalanan ke pantai ini mungkin memerlukan sedikit usaha dan kehati-hatian, terutama di dekat tebing, keindahan alam yang akan Anda temukan di ujung perjalanan sungguh layak untuk setiap langkah yang diambil.

Pantai Broken Beach bukan hanya tentang pemandangan; ini tentang pengalaman, petualangan, dan kesempatan untuk menyatu dengan keindahan alam Bali yang autentik.

By Digital