• Fri. May 24th, 2024

Tips Digital Marketing

Tips & Tutorial Digital Marketing

Rahasia Sukses Mengajukan Pinjaman Bank BRI, Syarat & Ketentuan Wajib Tahu!

ByDigital

Apr 26, 2024

Bagi para pelaku usaha yang sedang mencari pendanaan untuk mengembangkan bisnis mereka, Bank BRI menyediakan fasilitas pinjaman dengan plafon yang bervariasi. Terdapat berbagai program kredit usaha yang tersedia, memungkinkan nasabah memilih sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Jenis pinjaman usaha yang ditawarkan oleh Bank BRI antara lain meliputi KUR Mikro, KUR Kecil, dan Kupedes. Setiap jenis pinjaman ini dirancang untuk mendukung kebutuhan pembiayaan usaha di berbagai sektor ekonomi.

Untuk mengajukan pinjaman, nasabah harus memenuhi sejumlah Syarat Pinjaman Bank BRI. Berikut adalah rangkuman syarat-syarat tersebut.

Mengetahui Syarat Utama Pinjaman Bank BRI untuk Usaha

Berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi oleh nasabah yang ingin mengajukan pinjaman uang untuk pengembangan bisnis mereka di Bank BRI:

1. KUR Micro

KUR Mikro adalah program pinjaman dari BRI yang dirancang khusus untuk pelaku usaha individu dengan plafon pinjaman hingga Rp 50 juta per debitur. Program ini menawarkan dua tipe pinjaman: Kredit Modal Kerja (KMK) dengan periode pinjaman maksimum tiga tahun, dan Kredit Investasi (KI) dengan periode pinjaman maksimum lima tahun. Syarat-syarat untuk mengajukan pinjaman ini meliputi:

  • Individu yang menjalankan usaha produktif dan berkelanjutan.
  • Usaha telah beroperasi secara aktif minimal selama enam bulan.
  • Tidak memiliki kredit berjalan di perbankan lain, kecuali untuk kredit konsumtif seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan kartu kredit.
  • Dokumen administrasi yang harus disiapkan mencakup KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.
  • Pinjaman maksimum sebesar Rp 50 juta per debitur.
  • Tingkat suku bunga efektif tahunan adalah 6%.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi atau provisi.

2. KUR Kecil

Kredit ini menyediakan modal kerja atau investasi dengan jumlah pinjaman yang berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.

Terdapat dua varian pinjaman dalam KUR Kecil:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) dengan periode pinjaman maksimum 4 tahun.
  • Kredit Investasi (KI) dengan periode pinjaman maksimum 5 tahun.

Syarat-syarat untuk mengajukan KUR Kecil adalah sebagai berikut:

  • Debitur harus memiliki usaha yang produktif dan layak.
  • Usaha harus telah beroperasi secara aktif minimal selama enam bulan.
  • Debitur tidak boleh memiliki pinjaman aktif lain dari perbankan, kecuali untuk kredit konsumtif seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan kartu kredit.
  • Debitur harus memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau dokumen perizinan usaha lainnya yang relevan.
  • Jumlah pinjaman yang ditawarkan berkisar dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.
  • Suku bunga yang diterapkan adalah 6% efektif per tahun.
  • Peminjam harus menyediakan agunan yang sesuai dengan kebijakan bank.

Baca Juga: Daftar Pinjaman Bank Mandiri, Mengubah Impian Menjadi Kenyataan dengan Mudah dan Cepat!

3. Kupedes

Kupedes adalah produk kredit yang menawarkan suku bunga kompetitif, ditujukan untuk mendukung kebutuhan finansial berbagai sektor ekonomi. Kredit ini tersedia bagi individu, baik itu badan usaha maupun perorangan yang memenuhi syarat yang ditetapkan, dan dapat diakses di seluruh unit BRI serta Teras BRI.

Pinjaman ini dapat digunakan untuk beragam jenis usaha, termasuk sektor pertanian, perdagangan, perindustrian, dan jasa. Bagi nasabah yang berminat mengajukan Kupedes, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  • Menyertakan dokumen identitas diri seperti KTP atau SIM.
  • Memiliki pengalaman dalam menjalankan usaha minimal selama 1 tahun.
  • Menyertakan legalitas usaha, minimal berupa surat keterangan usaha dari Kepala Desa, Lurah, atau pengelola pasar setempat.

Mengenai syarat pinjaman di Bank BRI, ada beberapa poin penting yang perlu diingat oleh calon debitur. Pertama, memastikan kelengkapan dokumen seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya merupakan langkah awal yang krusial.

Kedua, pemahaman mendalam tentang berbagai produk pinjaman yang ditawarkan Bank BRI, seperti KUR, pinjaman multiguna, atau kredit pemilikan rumah, akan membantu dalam memilih jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Ketiga, penting untuk memperhatikan detail terkait suku bunga, jangka waktu pinjaman, dan syarat lain yang ditetapkan oleh bank, agar dapat mempersiapkan rencana pembayaran yang realistis dan berkelanjutan.

Keempat, memanfaatkan simulasi kredit yang disediakan oleh Bank BRI dapat menjadi alat bantu yang efektif untuk mengestimasi cicilan bulanan dan mengatur anggaran dengan lebih baik.

Kelima, jangan ragu untuk bertanya dan melakukan konsultasi dengan petugas bank mengenai segala keraguan atau kebutuhan khusus terkait pinjaman.

Keenam, selalu update informasi terkini tentang kebijakan pinjaman di Bank BRI, karena perubahan kebijakan dapat mempengaruhi syarat dan ketentuan pinjaman.

 

Dengan memperhatikan semua aspek ini, calon debitur dapat lebih siap dalam mengajukan pinjaman, memanfaatkannya untuk tujuan yang produktif, serta mengelola kewajiban finansialnya dengan bijak, sehingga dapat menghindari risiko keterlambatan pembayaran atau kesulitan finansial lainnya.

By Digital